Keunggulan dan Kekurangan Solder Uap

Solder terdiri atas 2 macam, yaitu solder uap atau biasa yang disebut sebagai blower dan solder konvensional. Solder sendiri merupakan alat yang biasanya difungsikan untuk melepas dan memasang komponen elektronik dengan penghubung atau yang direkatkan menggunakan timah.

Tentang Solder Konvensional

Solder konvensional ialah solder yang pemakaiannya harus dengan cara menempelkan bagian ujung mata pada solder menggunakan tinol atau timah dan ke titik yang akan dihubungkan. Sederhananya, jenis solder biasa ini ialah solder yang bersentuhan dengan benda atau titik yang nantinya dihubungkan menggunakan timah.

solder uap

Tentang Blower atau Solder Uap

Blower hot air merupakan sejenis solder yang penggunaannya tak bersentuhan dengan timah atau tinol secara fisik ataupun titik yang nantinya akan dihubungkan. Blower biasanya harga jualnya lebih mahal jika dibandingkan solder biasa atau konvensional. Tak tanggung-tanggung, harganya bahkan bisa sampai 20 kali lipat dari harga solder konvensional atau biasa.

Apa Saja Keunggulan dan Kelemahan Blower?

Blower mempunyai beberapa keunggulan bila dibandingkan solder konvensional atau biasa, diantaranya dapat diaplikasikan untuk melepas dan memasang perangkat elektronik berjenis SMD, dan mempunyai temperatur panas tinggi, karenanya bisa untuk melelehkan logam timah atau melelehkan patrian berpenampang tebal.

Akan tetapi kekurangannya jika dibandingkan solder konvensional ialah harganya tergolong masih mahal dibandingkan solder konvensional. Selain itu, apabila terjadi kerusakan akan sulit diperbaiki sebab komponennya tergolong kompleks, serta memerlukan daya listrik lebih besar dibandingkan solder konvensional.

Lebih Baik Solder Konvensional atau Blower?

Untuk menjawab pertanyaan di atas, tentu saja jawabannya ialah tergantung dari kebutuhan. Misalnya saja, orang yang bekerja di bidang service HP, tentu ia cenderung sering memakai blower dibandingkan solder konvensional. Akan tetapi bukan berarti solder konvensional tidak diperlukan, ia tetap diperlukan tapi penggunaannya hanya sedikit. Berdasarkan penjelasan ini, sudah dipastikan bahwa blower jauh lebih baik.

Namun bagi orang yang bekerja sebagai teknisi reparasi televisi atau tukang service, maka mereka biasanya lebih sering memakai solder konvensional, walaupun kadang memakai blower. Jadi bisa dikatakan bahwa jenis solder konvensional ini lebih baik dibandingkan solder uap.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *