Mengulas tentang Solder Uap

Solder uap yang biasa dikenal sebagai blower atau hot air merupakan suatu alat yang digunakan untuk perbaikan peralatan elektronik. Seperti, Laptop, handphone, gedget, computer, dan sebagainya. Pada dasarnya solder sendiri berfungsi untuk mencairkan kawat timah agar dapat melepaskan atau menyatukan komponen-komponen yang terdapat pada alat elektronik. Namun untuk jenis solder uap seperti ini, sedikit berbeda dengan solder biasa. Karena solder uap sendiri bekerja dengan menggunakan uap yaitu tekanan udara dan suhu untuk mengankat, mencetak, soldering komponen yang berukuran micro seperti IC,kapastor,resistor, dioda, dan lain-lain.
Terdapat dua jenis solder uap, diantaranya solder uap digital dan analog. Untuk perbedaannya sendiri ditunjukan pada pengaturan temperatur, dimana jenis digital temperatur menggunakan display yang akan mempermudah pengguna dalam mengatur temperatur yang tepat untuk suhunya.Sedangkan jenis analog, temperatur dapat diatur melalui saklar.Dalam penggunaannya tidak jauh berbeda dengan solder pada umum atau yang biasanya, hanya saja solder biasa titik tumpu pemanas atau mata solder berbentuk batang dan terbuat dari besi. Sedangkan untuk solder uap titik tumpu pemanasnya terletak pada udara dan suhu yang dikeluarkan memalui lubang untuk melelehkan timah.
Yang perlu diperhatikan adalah setiap komponen memiliki batas panasnya masing-masing. Jangan sampai karena solder terlalu panas menjadikan komponen tersebut rusak atau bahkan mati akibat over heat atau kelebihan suhu. Sebagai contoh, misalkan hanya ingin mengeringkan cairan, gunakan 100-200 derajat saja. Atau jika ingin mencairkan timah, maka gunakan 350-400 derajat saja, dan tentunya sesuaikan dengan keadaan komponennya. Jika memang perlu, gunakan loop atau kaca pembesar untuk memperkecil presentase kelalaian dalam mengerjakan perbaikan.
Selanjutkan beralih pada produk Blower Cody 858 digital plus, merupakan solder uap jenis digital. Memiliki ukuran 10cm x 16cm x 14cm. Berat untuk produk ini adalah 3 kg, untuk teganagannya dalah 220V-110V. Dengan begitu bisa disimpulkan bahwa solder ini tidak membutuhkan banyak ruang untuk menyimpannya, dan lebih akurat dalam menyesuaikan temperatur mengingat solder uap ini merupakan jenis digital, dan dengan tampilan LED. Titik tumpu panas berada di ganggang blower dan terdapat sensor otomatis yang akan memudahkan fungsionalnya. Blower Cody 858 digital + ini, mempunyai 3 mata blower area fokus 88mm,dua buah dan 12mm. Terdapat keramik didalam ganggang blower yang membuat pengguna nyaman melakukan perbaikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *